Ratna Riantiarno Gagal Mentas di Praha


Lakon Tanda Cinta gagal mentas di Praha. Menurut jadwal, dua dedengkot Teater Koma, Ratna dan Nano Riantiarno, manggung di ibu kota Ceko itu pada pertengahan Juli lalu, dalam rangka lawatan ke Austria dan Ceko bersama kelompok musik Kua Etnika.

Sayang, hingga hari-hari terakhir, visa kunjungan ke negara Schaengen itu tak kunjung keluar. Padahal, pihak KBRI Praha tidak kurang membantu. Masalahnya ternyata terletak pada waktu aplikasi yang terlalu mepet.

Ketika itu, Ratna dan rombongan telah berada di Wina. Mereka hanya memegang visa masuk Austria. Padahal, di Praha, poster-poster pertunjukan sudah disebarkan dan penonton telah menyatakan diri untuk datang. Kecewa? ''Tentu. Apalagi, teman-teman kami sudah menunggu di Lujbljana, Slovenia, untuk mendiskusikan teater,'' kata Ratna Riantiarno kepada Miranti Soetjipto-Hirschmann dari Gatra.

Di antara teman yang dimaksud Ratna adalah Evald Flisar, penulis lakon teater yang karyanya pernah dimainkan Teater Koma, berjudul Kenapa Leonardo?.

Flisar sempat datang ke Jakarta pada hari pementasan. Bahkan rekaman pementasan Teater Koma itu ditayangkan televisi Slovenia, tentu dengan subtitle bahasa Slovenia. Belum lagi keinginan membuat riset kecil-kecilan dengan mengunjungi museum pujangga sastra Jerman, Bertolt Brecht, di Berlin. Rencananya, Teater Koma membawakan salah satu karta Brecht pada tahun depan.

Published: Gatra 37/ 29 July 2009

Popular Posts