Perahu Naga Tj Pinang Berlomba di Praha



Perahu Naga berlomba di Sungai Vlatvala (Miranti Soetjipto)Praha , 29 September 2009 15:36
Dua perahu naga, masing-masing hijau dan merah, saling berkejaran di Sungai Vlatvala yang membelah kota Praha, Republik Ceko. Yang hijau bernama Pantun sedangkan yang merah bernama Gurindam.

Kedua perahu itu masing-masing diawaki 12 orang kulit putih, yang berjuang mendayung secara harmoni, untuk mencapai garis finish tercepat. Suara komando dari pemimpin yang mengemudikan perahu tersebut juga bersahutan dengan sorak sorai penonton yang terdengar dari tepi sungai. Inilah kemeriahan Kejuaraan Perahu Naga Musim Semi, yang digelar belum lama ini.

Kedua perahu yang sarat dekor dan warna tersebut merupakan hadiah dari Suryatati Manan, Wali Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia, pada kelompok perahu naga Prague Dragon Boat Club (PDBC).

Di Praha sendiri, PDBC, sejak didirikan pada 1997, rajin mengadakan kejuaraan tahunan di sungai Vlatava pada pertengahan bulan September, mengawali musim semi. Sejak diselenggarakan pertama kali pada 1998 hingga 2003, mereka mengadakan perlombaan tersebut tepat di bawah Jembatan Charles (Charles Brigde), yang menjadi ikon kota Praha.

Tahun 2004 hingga Ahad lalu (13/09) kegiatan olah raga air tersebut diadakan sekitar 5 kilometer ke utara, tepatnya di Cisarska Louka.

Martin Konecny, ketua PDBC mengatakan, beberapa tahun silam, kelompok tersebut sempat ikut serta dalam kejuaraan perahu naga di Tanjung Pinang. "Sejak itu, kerja sama Praha dengan Tanjung Pinang terjalin dengan baik," ungkapnya, di sela-sela acara pembukaan. Sebelum adanya kapal asal Indonesia tersebut, PDBC hanya mempertandingkan perahu naga asal Cina.

Dengan bantuan dan kerja sama KBRI Praha, kejuaraan tahunan perahun naga musim semi kali ini memperebutkan satu piala tambahan, yaitu Piala Tanjung Pinang, yang hanya menggunakan kedua perahu asal Indonesia tersebut.

Azis Nurwahyudi, pelaksana fungsi Informasi, Sosial, Budaya Dan Pariwisata KBRI Praha mengatakan, perahu naga yang diberikan Pemkab Tanjung Pinang telah diserah terimakan secara resmi pada Dragon Boat Club Praha pada 11 September lalu, sehari menjelang pertandingan.

"Festival ini memiliki sebuah kejuaraan khusus yang memperebutkan Tanjung Pinang Cup. Jadi, ke depannya akan terus dilaksanakan,” kata Aziz.

Kali ini, kejuaraan kapal naga itu diikuti 22 regu dari Ceko, Jerman, dan Indonesia. Uniknya, belum satu regu pun yang pernah mencoba kapal asal Indonesia tersebut sebelumnya.

Festival yang memperebutkan tiga piala ini dimenangkan tuan rumah (Ceko) dan Jerman. Hasilnya, adalah: Corporate Club: Certion (Ceko), Agilda Cup dari pihak sponsor : Dresden Loewen (Jerman) dan peraih piala Tanjung Pinang adalah kelompok Energy Drachen (Jerman). [Mir]

Published: http://www.gatra.com/artikel.php?pil=23&id=130618

Popular Posts