HUT RI dan HUT TNI: Resepsi Diplomatik Disemarakkan Tari Pendet



Berlin, 6 Oktober 2009 12:10
KBRI Berlin, bekerja sama dengan Departemen Pertahanan RI, belum lama ini menggelar sebuah resepsi diplomatik, untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-64 RI, sekaligus memperingati HUT ke-64 TNI.

Resepsi yang digelar di gedung serba guna milik Deutsche Bank, Unter den Linden dan dihadiri para undangan korps diplomatik itu, disemarakkan tari pendet dari Bali dan tari saman dari Aceh, sebagai kebudayaan khas Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Dubes Indonesia untuk Jerman, Eddy Pratomo, mencoba memperkenalkan sebuah citra Indonesia baru di Berlin. Menurutnya, meski hubungan Indonesia-Jerman yang telah terjalin sejak 1952 selalu memberikan hasil positif, untuk ke depan Eddy Pratomo ingin lebih mempererat berbagai kerja sama dalam bidang politik, ekonomi, pertahanan, ilmu pengetahuan, teknologi, lingkungan, dan pendidikan.

Eddy Pratomo juga menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Dr. Angela Merkel sebagai kanselir Jerman, dalam pemilu Jerman, akhir September lalu.

Berkaitan dengan musibah gempa bumi melanda bumi Minang, Menlu Jerman Frank Walter Steinmeier, atas nama pemerintahnya menyampaikan pernyataan duka dan simpati atas musibah tersebut, lewat KBRI di Berlin.

Kanselir Jerman Angela Merkel secara khusus menyampaikan bantuan sebesar dua juta Euro, kepada Presiden Yudhoyono. Menurut kementerian luar negeri Jerman, dana bantuan tersebut akan disalurkan untuk keperluan akomodasi darurat, makanan dan air minum.

Mengomentari hal itu, duta besar Eddy Pratomo menyatakan, hingga hari ini rincian dan teknis pelaksanaan bantuan pemerintah Jerman tersebut masih dalam pembicaraan. Hasilnya akan segera diumumkan dalam waktu singkat. [Mir]

Published: http://www.gatra.com/artikel.php?pil=23&id=130861

Popular Posts