Kondisi Ainun Habibie Membaik


München, 29 April 2010 17:30
Setelah menjalani operasi di Rumah Sakit Ludwig-Maximilians-Universität, Klinikum Großhadern, München, Jerman, Hasri Ainun Habibie, 72 tahun, dikabarkan membaik.

Executive Director The Habibie Center, dr Ahmad Watik Pratiknya, kepada Gatra.com, Kamis (29/4), membenarkan hal tersebut. Menurutnya, Ainun sudah dirawat di rumah sakit itu sejak 24 Maret 2010.

Sebelumnya, sempat diberitakan, Ainun dalam keadaan kritis. Perawatan intensif terhadap istri presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie itu berada di bawah pengawasan langsung salah satu direktur rumah sakit tersebut, Prof. Dr. Gerhard Steinbeck, seorang spesialis penyakit jantung terkemuka di Jerman.

Pihak rumah sakit menyatakan bahwa saat ini Ainun Habibie masih dirawat di ruang perawatan intensif, sehingga belum dapat dijenguk maupun dapat kiriman bunga.

Junus Effendy Habibie, yang akrab dipanggil Fanny Habibie, Duta Besar Repubik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, datang menjenguk ke Jerman, dengan mengendarai mobil dari Den Haag, Belanda. Adik kandung BJ Habibie itu tidak bisa menggunakan pesawat terbang, lantaran penerbangan masih terganggu kabut abu gunungapi yang meletus di Islandia.

Berkenaan dengan kondisi Ainun, Fanny mengatakan, "Kalau dilihat secara klinis, baik. Indikator infeksinya ada kemajuan, tapi harus tetap kita waspadai."

Fanny juga menerangkan, Ainun masih berada di Intesive Care Unit dan berada dalam pengawasan dokter selama 24 jam.

Selama Ainun tiba di Jerman dan langsung dirawat di rumah sakit tersebut, BJ Habibie terus mendampingi istri tercintanya, dan belum sempat sekalipun pulang ke kediamannya di pinggir kota München.

Kepada Gatra.com, Fanny mengatakan, hubungan antara BJ Habibie dan istrinya itu memang sangat istimewa, "Bisa dikatakan, beliau (BJ Habibie --Red.) betul-betul 24 jam jaga di sini. Tidur di rumah sakit, jaga di situ.“

Hingga hari ini, BJ Habibie berkonsentrasi mendampingi Ibu Ainun selama perawatan dan belum dapat menerima pembesuk. "Mari kita doakan dari jauh," ujar JE Habibie, yang sudah tiga kali datang menjenguk ke Jerman.

Sementara, Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman, Eddy Pratomo, juga datang ke rumah sakit tersebut. Namun Eddy hanya dapat menemui BJ Habibie. Ditemui di lobby rumah sakit, kepada Gatra.com, Eddy mengatakan, "Pak BJ Habibie sehat walau tampak lelah, karena beliau menunggui terus ibu Ainun. Kami juga berpesan agar Pak Habibie tetap menjaga kesehatan agar stamina kuat supaya bisa menunggu Ibu terus. Secara umun, beliau sehat."

Hingga kini, BJ Habibie dan anak-anaknya belum dapat dihubungi pers, untuk dimintai keterangan mengenai kondisi kesehatan mantan ibu negara tersebut pasca-operasi. [Mir]
http://arsip.gatra.com/artikel.php?id=137240

Popular Posts