Mallorca, Gua Naga di Pulau impian

Setiap tahun, tak kurang dari enam juta turis berkunjung ke Mallorca. Keindahan alam dan bangunan-bangunan tua menjadi andalan wisata pulau surga ini.

SEKITAR lima bulan silam, Republik Federal Jerman digemparkan oleh berita berbau skandal. Rudolf Scharping, menteri pertahanan negara kanselir tersebut, ditengarai kerap menggunakan pesawat jet dinas, terbang ke Mallorca (baca Perjalanan Mayorka) untuk melepas rindu dengan pacar gelapnya. Harian Bild bahkan memaparkan foto-foto kedua sejoli tersebut sedang bermesraan di pinggir pantai, sembari menikmati hangatnya sinar mentari.

Keruan saja publik Jerman heboh. Scharping jadi bahan gunjingan. Toh sampai sekarang ia masih selamat, tak tergusur dari posisinya. Selain sang menteri, yang juga jadi bahan perbincangan adalah tempat pelesir tersebut. Maklum, Mallorca merupakan daerah wisata kaum jet set yang sangat terkenal sejagat.

Mallorca terletak sekitar 200 kilometer sebelah selatan kota Barcelona. Ia adalah bagian dari gugusan pulau Balearic, termasuk dalam wilayah negara Spanyol. Selain Mallorca yang luasnya 3.640 km2, kawasan Balearic yang terletak di sisi timur Spanyol daratan itu juga memiliki sejumlah pulau cantik lain, yaitu Menorca (700 km2), Ibiza (572 km2), dan Formentera (100 km2).

Dengan sapuan iklim Mediteraniannya, pada musim dingin matahari tetap bersinar. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan, di pulau ini matahari bersinar 300 hari dalam setahun, 10 jam sehari pada musim panas dan lima jam pada musim dingin. Suhu rata-rata pada siang hari 20 C.

Langit biru memayungi sepanjang tahun. Hamparan pantai berpasir putih seakan tak berujung. Deretan pegunungan batu, ditambah laut berwarna kehijauan yang tenang, menambah pemandangan kian menawan. Apalagi pohon-pohon oak dan pinus berjajar di sepanjang pantai. Kincir angin-kincir angin tua dan perkebunan zaitun terhampar di kiri-kanan jalan. Saking eloknya, sampai orang-orang Eropa menyebut Mallorca sebagai "Pulau Impian" atau "Surga Eropa".

Mallorca memang menjadi tempat yang amat ideal untuk berlibur bagi orang-orang Eropa, terutama Jerman, Inggris, dan Spanyol sendiri. Selain alamnya yang indah, pulau wisata ini juga menawarkan paket- paket liburan yang relatif murah untuk ukuran kantong orang Eropa. Mallorca juga merupakan top list untuk tujuan last minute holiday di Eropa. Setiap tahun sekitar enam juta turis berkunjung ke sini.

Untuk mencapai pulau surga ini, pesawat merupakan transportasi yang paling umum digunakan. Jadi gampang saja, asal berkantong tebal. Pesawat-pesawat komersial Eropa seperti Hapag-Lloyd, Iberia, Air Berlin, British Midland, Spanair, Swissair, atau Luxair memiliki rute tetap ke Mallorca. Maklum, pulau indah ini mempunyai bandara bertaraf internasional, Son San Juan, terletak di ibu kota Mallorca, Palma de Mallorca.

Bandara Son San Juan yang konstruksinya selesai pada musim semi 1997 ini dirancang untuk dapat menampung 12.000 penumpang per jam. Harga tiket pulang-pergi dari Nurnberg, Jerman, yang berjarak kurang lebih 1.200 km cuma DM 200 (sekitar Rp 1.000.000). Bandingkan dengan harga tiket kereta api cepat dari Nurnberg ke Berlin yang berjarak 430 km, sekali jalan dikenai DM 152.

Kita juga bisa mencapai Mallorca dengan mengendarai mobil dari daratan Eropa, lantas disambung dengan transportasi feri yang menghubungkan Santander di Spanyol daratan. Di sepanjang garis pantai, banyak juga terdapat pelabuhan yacht, salah satunya dapat menampung lebih dari 500 yacht.

Mallorca berpenduduk sekitar 615,000 jiwa, yang separonya tinggal di ibu kota. Seperti kebanyakan penduduk Spanyol, sehari-hari mereka tampak serius. Tetapi kesan itu tak mengurangi sikap sopan dan ramahnya. Bahasa resmi yang digunakan adalah Spanyol Kastilia (Castilian Spain) dan Catalann (Mallorquin). Di hotel-hotel, restoran atau tempat-tempat yang dikunjungi turis, bahasa Inggris dan Jerman juga populer.

Banyaknya turis berkebangsaan Jerman yang berkunjung ke sini membuat tumbuh suburnya toko-toko waralaba Jerman seperti Spar dan Miller. Koran lokal berbahasa Jerman juga dengan mudah diperoleh. Begitu pula restoran yang menyajikan makanan khas Jerman. Tak mengherankan bila banyak orang Jerman yang menghabiskan masa pensiunnya dengan membeli rumah di pulau surga ini.

Mata uang yang digunakan adalah peseta (Pta). Mereka juga memberlakukan mata uang Euro yang berlaku mulai 1 Januari tahun ini. Selama masa transisi, peseta akan tetap beredar sampai 28 Februari 2002.

Peninggalan tertua yang ditemukan di Mallorca berasal dari tahun 6.000 Sebelum Masehi. Begitu pula peninggalan bangsa Romawi masih dapat disaksikan di sini. Selain itu, jejak kerajaan Islam dan Yahudi, yang juga pernah menguasai wilayah ini, juga dengan mudah ditemukan.

Pada tahun 1229 M, Raja James I dari Spanyol menaklukkan pulau ini. Ia kemudian mendirikan kerajan Mallorca sebagai bonekanya. Pada tahun 1492 M, Mallorca secara resmi bergabung ke Spanyol, yang ketika itu berada di bawah kekuasaan Katolik Monarki. Kini, Mallorca merupakan salah satu daerah otonomi regional Spanyol.

Palma de Mallorca merupakan kota penting di pulau ini. Ia berdiri megah di sisi selatan Mallorca. Bila kita ke sana dengan menumpang feri, maka akan tampak gedung-gedung berarsitektur khas Spanyol berjajar di sepanjang pantai. Kalau kita berjalan menelusurinya, maka akan dapat menjumpai Almudaina. Bangunan tua ini dulu merupakan istana raja bangsa Moor. Sekarang disulap menjadi Museum Sejarah Nasional.

Selain itu, kota tua yang dibangun oleh bangsa Romawi ini juga masih menyisakan sejumlah bangunan tua lain yang mengagumkan. Misalnya pada jalan menuju pasar lama, Placa Mayor, kita dapat mengunjungi Balai Rakyat yang dibangun pada abad ke-17. Juga bangunan tua Kastil Bellver yang merupakan simbol kejayaan pulau itu. Kastil ini disebut-sebut sebagai contoh terbaik untuk arsitektur militer abad ke-14 dan ke-15, walaupun struktur batu yang berwarna keemasan memberi kesan yang tidak lazim, karena dengan mudah dikenali musuh.

Cueves del Drach atau Gua Naga yang terletak di sisi timur pulau ini adalah tempat wisata yang amat terkenal. Ada tiga ruang di dalam gua tersebut, yaitu Cueva Negra (Gua Hitam), Cueva Blanca (Gua Putih), dan Cueva Luis Salvator (Gua Luis Salvator). Di dalam Gua Naga tersebut juga terdapat Lago Martel (Danau Martel), salah satu danau subterania terbesar di dunia.

Pengunjung dapat menumpang perahu untuk mengarungi danau ini dan menyaksikan batuan kapur, stalakmit yang menjulang dan stalaktit yang menggantung dari langit-langit gua. Sebagai bagian dari kemeriahan perjalanan arung gua tersebut, beberapa musisi menemani para pengunjung dengan memainkan musik klasik, misalnya karya Chopin. Kalau masih belum puas usai menjelajahi gua, pengunjung juga bisa menambah kenikmatan berwisata di sini dengan menjelajahi Pegunungan Tramuntana.

Untuk menelusuri Mallorca, pengunjung dengan mudah bisa mendapatkan mobil sewaan. Mulai yang kelas ekonomi sampai supereksekutif, yang menggunakan mobil Rolls Royce. Kendati begitu, yang laris dipakai adalah mobil jenis sedan kelas menengah, seperti Renault Twingo, Opel Corsa, VW Polo, Ford Ka. Jenis-jenis mobil tersebut amat cocok dengan keadaan infrastruktur jalan di Mallorca yang tidak terlalu lebar. Kalau ogah menyewa mobil, bis khusus turis dan bis reguler juga siap mengantar ke berbagai tempat wisata dengan jadwal yang tepat waktu.

Andalan lain Mallorca adalah pantai. Dari 76 pantai yang menjadi objek wisata di Mallorca, 35 di antaranya berstatus Blue Flag, yaitu penghargaan bagi pantai-pantai terbaik di Eropa. Penduduk Mallorca sangat bangga dengan hasil kerja keras mereka. Palma Nova, Magaluf, Cala San Vicente, Puerto de Pollenca, dan Ciudad Jardin, merupakan bagian dari pantai indah yang kerap menjadi sasaran turis. Tak heran bila diskotek terbesar di Eropa, The BCM, terdapat di Mallorca.

Tarif hotel-hotel di Mallorca memiliki tingkat harga yang bermacam- macam sesuai dengan fasilitas yang diinginkan. Sistem reservasi untuk hotel dan resor sangat baik, dan memudahkan calon pengunjung untuk memilih tempat yang mereka inginkan. Agen-agen perjalanan di Eropa umumnya menawarkan reservasi all in, termasuk tiket pesawat, penyewaan mobil, hotel, dan makan malam.

Miranti Soetjipto (Mallorca)
Published: Gatra 8/ 12 January 2002

Popular Posts